Senin, 16 November 2009

cinta dan thagut

assalamualaikum wr. wb'
bismillah ar rahmaan ar rahiim!
cinta yang benar adalah cinta kepada dan karena Alloh!
cinta yang bukan kepada atau karena Alloh adalah cinta yang Zalim!
ada berbagai pandangan mengenai cinta, antara lain yang berpendapat cinta itu identik dengan nafsu. pendapat lain cinta itu sama artinya dengan suka.
thagut adalah segala sesuatu yang dicintai dan ditaati selain Alloh dan Alloh tidak memberi keterangan sedikit pun untuk mentaati atau mencintainya.
pemimpin thagut ada beberapa macam, diantaranya; orang yang menyuruh orang lain untuk menyembahnya ; orang yang menyembah dan menyuruh orang lain menyembah alam (dzat selain Allah) ; hukum-hukum selain hukum Allah ; orang yang disembah sedangkan ia rela untuk disembah.
dalam suatu riwayat, rosulullah bersabda, ' celakalah hamba dirham, celakalah hamba dinar, celakalah hamba buah-buahan dan celakalah hamba pakaian'

dalam hadis tersebut yang berlaku sebagai thagut adalah dirham, dinar, buah-buahan, dan pakaian.
ibn taimiyah mengatakan (berkaitan dengan hadis di atas);
dia ini disebut hamba dari benda-benda tersebut sebab apabila ia memintanya itu dari Alloh lalu Alloh memberi, ia ridho. tapi jika tidak diberi,ia murka.Adapun hamba Allah, ia ridho terhadap apa saja yang diridoi Alloh, dan ia murka terhadap apa saja yang dimurkai Alloh, ia cinta terhadap apa saja yang dicintai Alloh dan rosulNya, ia menyukai wali-wali Alloh dan memuduhi musuh-musuh Alloh

renungkanlah firman Alloh dalam QS. Ali Imron:31:
"katakanlah(muhammad):'jika kamu benar-benar cinta kepada Alloh, maka ikutilah aku, niscaya Alloh akan cinta kepadamu"

wallahu a'lam

Sumber klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar